Kamis, 25 Agustus 2011

** Agama Orang Baduy

Agama Orang Baduy

Oleh: K. Muhamad Hakiki

Ketika saya pertama kali menginjakan kaki di wilayah Baduy. Kesan pertama yang saya rasakan adalah bahwa Baduy adalah sebuah masyarakat yang memperaktekkan inti semua ajaran agama (Islam, Kristen, Hindu, Budha, Konghucu, atau agama apa pun) yaitu mencintai sesama makhluk (manusia dan alam) dan Sang Pencipta. Tetapi kenapa masyarakat luar Baduy memberikan identitas pada mereka sebagai masyarakat penganut agama sunda wiwitan?. Lalu dari mana penamaan agama itu muncul ?. ini-lah yang akan menjadi fokus kajian pada bagian ini.

Jika dilihat dari sejarahnya, penamaan agama Baduy menjadi sunda wiwitan bermula pada ritual pemujaan mereka yang disimbolkan dengan Arca Domas sebagai leluhur mereka. Menurut mereka, pemegang kekuasaan tertinggi berada pada tangan Nu Ngersakeun (Yang Menghendaki), atau juga disebut dengan Sang Hiyang Keresa (Yang Maha Kuasa), atau Batara Tunggal (Yang Maha Esa). Adanya kekuasaan tertinggi itu sampai saat ini masyarakat suku Baduy mempercayai bahwa arwah nenek moyang jika dirawat akan memberikan kekuatan baik lahir maupun batin kepada keturunannya. Karena alasan itu-lah, orang Baduy sampai saat ini begitu menganggap sakral pemujaan kepada nenek moyangnya atau mereka menyebutnya para karuhun.

Bagi masyarakat Baduy, mereka meyakini bahwa Orang Baduy berasal dari khirarki tua, sedangkan dunia yang berada di luar Baduy berasal dari turunannya. Karena alasan itu-lah maka orang Baduy meyakini bahwa Nabi Adam sebagai manusia yang pertama di bumi berasal dari Baduy. Kepercayaan khirarki tua atau pertama ini membuat mereka merasa bertanggungjawab atas keutuhan alam dan kelangsungan hidup manusia di muka bumi ini. Karena itu, Orang Baduy harus selalu melakukan tapa agar keberadaan bumi ini selalu terjaga.

Inti kepercayaan tersebut dapat ditunjukkan dengan adanya kepercayaan akan pikukuh atau ketentuan adat mutlak yang disampaikan para leluhurnya untuk selalu dianut dan dijadikan pegangan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Baduy. Warisan pikukuh nenek moyang ini-lah yang dijadikan ”sabda suci” dan panutan hidup orang Baduy sampai kini. Isi terpenting dari konsep pikukuh (kepatuhan) masyarakat Baduy adalah konsep ketentuan "tanpa perubahan apapun", atau perubahan sesedikit mungkin. Hal ini bisa dilihat dari ajaran pikukuh:

“buyut nu dititipkeun ka puun
nagara satelung puluh telu
bangsawan sawidak lima
pancer salawe nagara
gunung teu meunang dilebur
lebak teu meunang dirusak
larangan teu meunang dirempak
buyut teu meunang dirobah
lojor teu meunang dipotong
pendek teu meunang disambung
nu lain kudu dilainkeun
nu ulah kudu diulahkeun
nu enya kudu dienyakeun

Artinya:
“buyut yang dititipkan kepada puun
negara tigapuluhtiga
sungai enampuluhlima
pusat duapuluhlima Negara
gunung tidak bolehdihancurkan
lembah tidak boleh dirusak
larangan tidak boleh dilanggar
buyut tidak boleh diubah
panjang tidak boleh dipotong
pendek tidak boleh disambung
yang bukan harus ditiadakan
yang lain harus dilainkan
yang benar harus dibenarkan”

Objek kepercayaan terpenting bagi masyarakat Baduy adalah Sasaka Domas atau disebut Arca Domas, atau juga disebut Sasaka Pusaka Buana  yang lokasinya dirahasiakan dan dianggap paling sakral. Orang Baduy mengunjungi lokasi tersebut untuk melakukan pemujaan setahun sekali tepatnya pada bulan Kalima. Dalam proses pemujaan ini, biasanya yang terlibat hanyalah Puun yang merupakan ketua adat tertinggi diiringi dengan beberapa anggota masyarakat terpilih saja.

Di lngkungan kompleks Arca Domas tersebut terdapat sisa peninggalan zaman megalitik berupa bangunan berundak-undak dengan sejumlah menhir dan arca di atasnya, di tempat itu juga terdapat batu lumpang yang dianggap sakral menyimpan air hujan. Dari batu lumping ini masyarakat Baduy kerapkali mengambil isyarat alam. Menurut mereka, apabila pada saat pemujaan ditemukan batu lumpang tersebut ada dalam keadaan penuh air yang jernih, maka bagi masyarakat Baduy, itu merupakan pertanda bahwa hujan pada tahun tersebut akan banyak turun, dan hasil panen padipun akan baik. Akan tetapi sebaliknya, apabila batu lumpang itu kering atau berair keruh, maka itu merupakan isyarat atau pertanda kegagalan panen.

Keberadaan tempat ibadah itu bagi orang Baduy adalah bernilai keramat, karena di dalamnya tempat berkumpul atau bersemayam para karuhun atau nenek moyang mereka. Jika ditinjau lebih jauh, kepercayaan masyarakat Baduy tersebut ternyata berkaitan dengan kepercayaan keagamaan masyarakat Sunda secara umum sebelum masuknya Islam.** 

** Jika saudara hendak mengutip sebagian atau seluruh isi tulisan dari blog ini, mohon untuk mencantumkan asal rujukannya (baduybantenheritage.blogspot.com). Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar